Pertambahan Berat Badan Kurang

Kebanyakan berat badan bayi susut pada minggu pertama setelah kelahiran? Hal ini tidak perlu dicemaskan. Setelah membaca artikel ini, berat badan bayi akan tumbuh secara mantap. Bayi anda akan ditimbang dan diukur secara berkala di posyandu setempat dan pertumbuhannya akan di plot di diagram di bawah sehingga setiap peruahan bisa terdeteksi lebih dini. Pertumbuhan pada tahun pertama ini lebih cepat daripada masa masa sesudahnya dan beberapa sistem penting tubuh misalnya sistem syaraf, berkembang sangat cepat. Karena itulah gizi merupakan hal yang sangat penting di usia ini.

Kebutuhan gizi bayi

Semua bayi memerlukan makanan ber-energi (kalori) tinggi, tinggi lemak, rendah lemak, rendah serat, serta rendah garam. Makanannya harus mengandung cukup protein untuk tumbuh dan karbohidrat untuk energi.Bila anda vegetarian, anda bisa memberinya makan sama dengan sama, namun berikan juga zat besi secukupnya. Makanan vegetarian tanpa suplemen, secara gizi kurang memadai untuk bayi. Sejak usia 4 minggu bayi sudah bisa memanfaatkan suplemen vitamin A, C, dan D. Cara termudah adalah memakai tetes vitamin yang tersedia di klinik posyandu.

Usia Kebutuhan harian rata-rata

                      ** Energi Protein Lemak Besi**
Di bawah 3  – 530 cal   – 13 g – 4 g – 2 mg
3-6               – 700 cal   – 13 g  – 4 g – 4 mg
6-9               – 800 cal   – 14 g  – 4 g – 8 mg
9 – 12           – 1200 cal – 20 g  – 4 g – 9 mg

Menyapih bayi anda

Di usia 4 – 6 bulan, bayi anda sudah siap disapih. Disapih adalah perpindahan berangsur dari hanya minum susu ke makanan padat. Mulailah dengan memberi si bayi dari serutan buah atau sayuran atau bubur beras. Cobalah memberinya rasa pada susu. Secara berangsur-angsur berikan makanan dengan rasa dan tekstur berbeda. Berikan juga makanan anda yang dilumatkan, namun tanpa garam atau gula. Jangan berikan telur, makanan berbahan gandum (misalnya sereal), buah jeruk atau makanan berlemak sampai ia berusia sekurangnya 6 bulan. Jangan berikan susu sapi, madu atau makanan yang mengandung kacang-kacangan sampai ia berusia setiaknya 12 bulan 

Usia – program menyapih yang dianjurkan
4-6bulan             – Tawarkan yoghurt dan makanan lumat, termasuk buah (misalnya pisang), sayuran, ubi-ubian dan nasi
6-9 bulan            – Berikan makanan lumat atau parut, termasuk telur (hanya direbus),, ikan dan daging ayam . Bisa juga anda tawarkan makanan yang bisa dipegang, misalnya roti bakar, potongan apel, atau potongan keju.
9 – 12 bulan        – Berikan makanan yang lebih bervariasi dan sediakan makanan butiran kecil, misalnya kacang-kacangan dan wortel cincang.
Di atas 12 bulan – Si bayi kini sudah bisa makan seperti anggota keluarga yang lain, namun hindari gula dan garam dan berilah dia susu full-cream, bukan yang semi skimmed.

Susut timbangan setelah lahir

Timbangan seorang bayi mungkin akan susut di minggu pertama setelah lahir, namun hal seperti ini tidak perlu dicemaskan. Kebanyakan bayi, terutama bayi ASI, bisa susut sampai 200 gram dalam beberapa hari setelah dilahirkan. Penurunan timbangan ini adalah wajar dan sebagian disebabkan oleh sedikitnya asupan makanan mereka di hari hari pertama. Selain itu, bayi yang baru lahir juga perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan sekarang harus menyusu, mencerna dan menyerap makanan, tidak lagi sekedar menerima pasokan dari plasenta. Kebanyakan timbangan bayi mulai bertambah sejak hari kelima dan kembali ke berat saat dilahirkan pada hari ke 10.
Bayi anda akan ditimbang sekitar 3 kali seminggu selama 2 minggu pertama oleh bidan atau mantri kesehatan. Setelah mencapai kembali beratnya saat lahir, beratnya akan terus bertambah secara tetap. Dalam 3 bulan pertama, kenaikan timbangannya akan mencapai sekitar 170 gram per minggu. Dalam sekitar 6 bulan timbangan seorang bayi sudah sekitar dua kali beratnya i saat lahir.