Masalah tidur pada anak

Lamanya tidur malam bagi setiap anak bervariasi antara 9-12 jam tergantung usia dan kebutuhan masing-masing. Kurang tidur jarang mempengaruhi kesehatan namun bisa mempengaruhi perilaku di siang hari atau prestasi di sekolah. Namun penolakan di saat yang menurut anda sudah termasuk waktu dan /atau terbangun di tengah malam bisa sangat menjengkelkan sekeluarga bila terjadi terlalu sering. Berbagai faktor, termasuk sakit fisik, kekecewaan emosional, mimpi buruk, serta buruknya kebiasaan jam tidur, bisa menimbulkan masalah tidur.

**Menidurkan anak anda**
** **
Bila anak anda sulit tidur, mungkin hal itu disebabkan tidak ada jadwal tidur yang tetap. Cobalah tetapkan sebuah pola yang selalu ditepati setiap malam, misalnya cuci kaki lalu membacakan dongeng. Sring kali seorang anak susah tidur karena takut gelap, yang bisa diatasi dengan menyediakan lampu temaram atau membiarkan pintu kamar tetap terbuka. Bila sulit menidurkan anak anda, baringkan dia, ucapkan selamat malam, dan keluarlah dari kamar. Bila si anak menangis, biarkan dulu beberapa menit sebelum mendatanginya lagi. Tenteramkan si anak sebentar lalu keluarlah lagi dari kamar, lawanlah desakan hati yang ingin tetap menemaninya. Ulangi hal itu beberapa kali sampai ia tidur. Waktunya akan semakin singkat setiap hari.
Bila si anak terbangun di malam hari, bantulah dia hanya bila ia benar-benar menangis. ( Anak yang hanya merengek mungkin akan segera tertidur lagi. Masuklah untuk memeriksa bahwa segalanya aman, tenangkan si anak, dan segeralah keluar lagi. Bila anak anda masih menangis cobalah lagi cara di atas, sampai si anak tidur kembali.
**Kebutuhan tidur pada anak-anak**
** **
Kebutuhan tidur setiap anak berbeda-beda, dan wajar saja bila ada anak yang lebih banyak tidur daripada anak lain yang seusia. Pada umumnya, tidur anak semakin berkurang dengan semakin bertambahnya usia mereka. Perbandingan tidur diseratai mimpi juga menurun, Dari sekitar setengah pada bayi baru lahirsampai sekitar seperlima pada usia remaja. Anda perlu mencemaskan tidur anak anda hanya bila ia tampak kurang sehat atau bila mengantuk berlebihan telah mempengaruhinya kesehariannya.
Usia                       Rata-rata total tidur per 24 jam
Sampai 3 bulan   16 jam
3-5 bulan              14 jam
5-24 bulan           13 jam
2-3 tahun             12 jam
3-5                         11 jam
5-9                        10,5 jam
9-13                      10 jam