Demam pada anak-anak

Demam adalah temperatur tubuh meninggu sampai 38C atau lebih, biasanya menunjukkan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Terpapar panas juga bisa menaikkan temperatur. Saat demam, biasanya anak merasa lesu, gerah dan berkeringat. Bila anak anda merasa tidak enak badan, periksalah temperaturnya. Demam tinggi bisa menyebabkan kejang-kejang pada anak kecil.

Cara termudah mengukur temperatur anak adlaah dengan termmometer aural yang diletakkan di telinga. Anda juga bisa memakai termometer standar yang diletakkan di ketiak atau di mulut. Jangan memasukkan termometer kaca ke mulu anak berusia di bawah 7 tahun. Untuk memperoleh angka yang tepat, tambahkan 0,6C ke angka hasil pengukuran dari ketiak.
Menurunkan demam
 
Menurunkan temperatur akan membuat anak anda lebih nyaman dan mengurangi kemungkinan terjadinya kejang-panas. Lepaskan pakaian si anak dan berilah ia banyak minum air tawar matang. Bila usia si anak di atas 2 bulan, berikanlah parasetamol dengan dosis sesuai anjuran. Bila demamnya tidak mereda dan usia si anak lebih dari 6 bulan, berikan juga ibuprofen dengan dosis sesuai anjuran. Dosis kedua obat itu bisa diulang setiap 4 jam.